Langsung ke konten utama

Syarah MATAN Tqrib


Terjemah Kitab Matan Taqrib

Kitab Matan Al-Ghayah wat Taqrib atau dikenal dengan Kitab Taqrib saja adalah kitab fiqh paling populer di kalangan pesantren salaf. Kitab ini dipelajari hampir di seluruh pesantren salaf di Indondsia.

Nama kitab: Terjemah Kitab Taqrib
Judul kitab asal: Matnul Ghayah wat Taqrib (متن الغاية والتقريب) atau Matan Abu Syujak (متن أبي شجاع)
Nama penulis: Syihabuddin Abu Syujak Al-Ashfahani ( شهاب الدين احمد ابن الحسين بن احمد , ابو شجاع , شهاب الدين الطيب الاصفهانى)
Lahir: Tahun 434 H,
Tempat lahir: Basrah, Irak.
Wafat: 488 H atau 593 H, di Madinah dalam usia 160 tahun. Dimakamkan di pemakaman Al-Baqi' dekat makam Sayidina Ibrahim putra Rasulullah.
Bidang studi: Fiqih madzhab Syafi'i
Syarah kitab: Terjemah Fathul Qorib Al-Mujib


DAFTAR ISI KITAB TAQRIB
  • Syarah Kitab Taqrib
  • Matan Taqrib versi Nazham (Syair)
  • Pendahuluan
  • Taharah (Bersesuci)
    • Kulit yang Disamak
    • Hukum Siwak
    • Fardhu Wudhu Ada 6
    • Sunnah Wudhu Ada 10
    • Hukum Istinjak
    • Yang Sunnah Saat Kencing dan BAB
    • Yang Membatalkan Wudhu
    • Yang Mewajibkan Mandi Besar
    • Wajib dan Sunnahnya Mandi
    • Keadaan yang Disunnahkan Mandi
    • Mengusap Khuf (Kaus Kaki)
    • Tayamum: Syarat, Rukun, Sunnah
    • Pembatal Tayamum
    • Najis
    • Haid, Nifas, Istihadoh
    • Haram sebab Haid dan Nifas
    • Haram sebab Junub
    • Haram sebab Hadas Kecil
  • Shalat
    • Shalat Lima Waktu
    • Syarat Wajib dan Shalat Sunnah
    • Syarat Sahnya Shalat
    • Rukun dan Sunnah Shalat
    • Sunnah Hai'at Shalat
    • Beda Pria dan Wanita dalam Shalat
    • Yang Membatalkan Shalat
    • Jumlah Rakaat Shalat Wajib
    • Fardhu, Sunnah Ab'adh, Sunnah Hai'at
    • Waktu Tahrim Shalat Sunnah
    • Shalat Berjamaah
    • Shalat Musafir: Jamak dan Qashar
      • Syarat Shalat Qashar
      • Syarat Shalat Jamak
    • Shalat Jumat
      • Syarat Pelaksanaan Jumat
      • Rukun Jum'at
      • Sunnah-nya Jumat
    • Shalat Idul Fitri dan Adha
    • Shalat Gerhana Matahari dan Bulan
    • Shalat Minta Hujan (Istisqo)
    • Shalat Khauf
    • Hukum Cincin Emas dan Baju Sutera
    • Memandikan dan Mengkafani Mayit
    • Tata Cara Shalat Jenazah
  • Zakat
    • Zakat Unta
    • Zakat Lembu
    • Zakat Kambing
    • Zakat Harta Berserikat
    • Zakat Emas dan Perak
    • Zakat Pertanian
    • Zakat Perdagangan
    • Zakat Fitrah
    • Orang Yang Menerima Zakat
  • Puasa
    • Syarat Wajib Dan Rukun Puasa
    • Yang Membatalkan Puasa
    • Yang Disunnahkan Saat Puasa Ada 3
    • Haram Puasa Pada Hari Yang Lima
    • Bersetubuh pada Siang Ramadhan
    • Mati Punya Hutang Puasa
    • Orang Tua dan Sakit Para Boleh Tidak Puasa
    • Wanita Hamil dan Menyusui yang Tidak Puasa
  • I'tikaf
  • Haji dan Umroh
    • Syarat Wajib Haji
    • Syarat / Rukun / Tata Cara Haji
    • Rukun Umrah
    • Wajib Haji
    • Sunnahnya Haji
    • Larangan Saat Ihram
    • Denda Haji
  • Jual Beli
    • Macam-Macam Jual Beli
    • Bab Riba
    • Khiyar (Memilih)
    • Akad Salam
    • Gadai
    • Yang Dilarang Bertransaksi (Al Hajr)
    • Perdamaian (Suluh)
    • Hiwalah
    • Dhaman
    • Kafalah
    • Akad Syirkah
    • Wakalah (Perwakilan)
    • Ikrar
    • Pinjam Meminjam
    • Ghasab
    • Syuf'ah
    • Hutang
    • Siraman
    • Sewa
    • Ju'alah
    • Bagi Hasil Tanaman
    • Menghidupkan Bumi Mati
    • Waqaf
    • Hibah
    • Barang Temuan (Luqatah)
    • Merawat Luqotoh
    • Barang Titipan
  • Hukum Waris
    • 10 Golongan Ahli Waris Laki-laki
    • 7 Golongan Ahli Waris Perempuan
    • 5 Golongan Ahli Waris yang Selalu Dapat Warisan
    • 7 Golongan Tidak Berhak Mendapat Warisan
    • Ahli Waris Asobah
    • Bagian Pasti dalam Warisan
  • Wasiat
  • Kitab Nikah
    • Hukum Nikah
    • Hukum Pria Memandang Wajah Wanita
    • Syarat Sahnya Akad Nikah
    • Daftar Urutan Wali Nikah
    • Melamar (Khitbah)
    • Wanita Mahram
    • Hukum Menyebut Mahar
    • Hukum Walimah Pernikahan
  • Talak
    • Gugat Cerai (Khuluk)
    • Cerai Talak
    • Jumlah Talak Suami
    • Talak Raj'i dan Talak Bain Kubro
    • Ila'
    • Zhihar
    • Qadzaf (Tuduhan Zina)
    • Wanita Iddah
    • Hak Wanita Iddah Raj'i
    • Iddah Budak Amat
    • Kerabat Sesusuan
    • Nafkah Keluarga
    • Hak Asuh Anak
  • Jinayat (Pidana)
    • Diyat
    • Klaim Darah
  • Hudud (Hukuman Pidana)
    • Hukuman Zina
    • Hukuman Tuduhan Zina
    • Hukuman Peminum Alkohol
    • Hukuman bagi Pencuri
    • Hukuman Begal
    • Hukuman Menyakiti Sesama
    • Hukuman Pemberontak
    • Hukuman Murtad
    • Hukuman Tidak Shalat
  • Jihad
    • Membunuh Lawan dalam Perang
    • Pembagian Harta Fai'
    • Jizyah (Pajak Non-Muslim)
  • Sembelihan dan Buruan
  • Halal Haram Binatang
  • Kurban
  • Akikah
  • Lomba dan Memanah
  • Nadzar dan Sumpah
  • Hakim dan Saksi
    • Syarat Hakim
    • Syarat Pembagi
    • Barang Bukti
    • Syarat Saksi
    • Hak Allah dan Hak Manusia
  • Memerdekakan Budak
    • Ahli Waris Wala'
    • Budak Mudabbar
    • Budak Mukatab
    • Ummu Walad
    • Artikel Masalah Fiqih6
    Terjemah Kitab Matan Taqrib



    TSyarah Matan Taqrib
    :

    - Fatḥ al-Qarīb al-Mujīb, oleh Ibn Qāsim al-Ghazzī (918H).
    - al-Iqnā‘, Aḥmad bin Muḥammad (931H), with its meta-commentary Tashnīf al-Asmā’ bi Ḥalli Alfāẓ Abī Shujā‘, oleh Aḥmad bin Muḥammad (931H).
    - Sharḥ Mukhtaṣar Abī Shujā‘, by Aḥmad al-Akhṣāṣī (889H)
    - Tuḥfạt al-Ḥabib, by Ibn Daqīq al-‘Īd (702H)
    - Kifāyat al-Akhyār, by Taqiyud Din al-Husnī (829H)
    - Al-Nihāyah fī Sharḥ al-Ghāyah, by Walī al-Dīn al-Baṣīr (972H)
    - Al-Iqnā‘ fī Ḥall Alfāẓ Abī Shujā‘, by Muḥammad al-Khaṭīb al-Shirbīnī (977H).
    - Taqrīrāt, by al-Bājūrī (1277H) and Shaykh ‘Iwaḍ
    - al-Bujairmī (1221H)
    - al-Mudābighī (1170H)
    - al-Ajhūrī (1190H)
    - al-Nabrāwī
    - al-ʿAzīzī
    - al-Qalyūbī (1069H)
    - al-Barmāwī (1106H)
    - al-Bājūrī (1277H)
    - Qūt al-Ḥabīb al-Gharib, by al-Nawawī al-Jāwī
    - At-tadzhieb Fie Adillati Matnil Ghoyah Wat Taqrib oleh Dr Mushthofa Diebul Bugha

    Matan Taqrib versi Nazham (Syair)


    - Nihāyat al-tadrīb fī naẓm Ghāyat al-taqrīb (نهاية التدريب في نظم غاية التقريب).
    - Syarah Nihayat Al-Tadrib oleh Tuḥfat al-Ḥabīb by Shaykh al-Fashanī
    Aḥmad al-Ibshīṭī (883H)
    - ‘Abd al-Qādir ibn al-Muẓaffar (892H)
    - Nashr al-Shuʿā ʿalā Matn Abī Shujāʿ, by al-Dusarī (931H)
    - Aḥmad ibn ʿAbd al-Sallam (931H)


    مقدمة

    بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله رب العالمين وصلى الله على سيدنا محمد النبي الأمي وآله الطاهرين وصحابته أجمعين قال القاضي أبو شجاع أحمد بن الحسين بن أحمد الأصفهاني رحمة الله تعالى سألني بعض الأصدقاء حفظهم الله تعالى أن أعمل مختصرا في الفقه على مذهب الإمام الشافعي رحمة الله عليه ورضوانه في غاية الاختصار ونهاية الإيجاز ليقرب على المتعلم درسه ويسهل على المبتدئ حفظه وأن أكثر من التقسيمات وحصر الخصال فأجبته إلى ذلك طالبا للثواب راغبا إلى الله تعالى في التوفيق للصواب إنه على ما يشاء قدير وبعباده لطيف خبير.

    PENDAHULUAN


    Terjemah: Bismillahirrohmanirrahim. Segala puji bagi Allah. Shalawat salam atas Nabi Muhammad, keluarganya dan para Sahaabat. Qadhi Abu Syujak Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad Al-Asfahani berkata: Aku diminta oleh sebagian teman untuk menyusun ringkasan fiqih madzhab Syafi'i yang sangat ringkas dan sederhana dan terbagi dalam bagian-bagian yang banyak agar mudah dipelajari dan dihafal. Aku penuhi permintaan itu dengan memohon taufik pada Allah yang Maha Kuasa dan Maha Tahu.


    TAHARAH (BERSUCI)




    كتاب الطهارة

    المياه التي يجوز بها التطهير سبع مياه ماء السماء وماء البحر وماء النهر وماء البئر وماء العين وماء الثلج وماء البرد ثم المياه على أربعة أقسام طاهر مطهر، مكروه وهو الماء المشمس وطاهر غير مطهر وهو الماء المستعمل والمتغير بما خالطه من الطاهرات وماء نجس وهو الذي حلت فيه نجاسة وهو دون القلتين أو كان قلتين فتغير والقلتان خمسمائة رطل بغدادي تقريبا في الأصح.
    Artinya: Macam-macam Air Air yang dapat dibuat untuk bersuci ada 7 (tujuh) yaitu air hujan (langit), air laut, air sungai, air sumur, air sumber (mata air), air salju, air dingin. Jenis air ada 4 (empat) yaitu (a) air suci dan mensucikan; (b) air yang makruh yaitu air panas; (c) air suci tapi tidak meyucikan yaitu air mustakmal dan air yang air berubah karena kecampuran perkara suci; (d) air najis yaitu (i) air kurang 2 qullah yang terkena najis atau (ii) air mencapai 2 qullah terkena najis dan berubah. Adapun ukuran 1 qullah adalah 500 (lima ratus) kati baghdad menurut pendapat yang paling sahih.

    PANDANGAN ULAMA KONTEMPORER TENTANG DUA QULAH DALAM LITER

    1 qulah dalam ukuran liter sama dengan 190 liter.
    Menurut Dr. Wahbah az-Zuhaili dalam Al-Fiqhul Islami Wa Adillatuhu (الفقه الإسلامي وأدلته) air dua qullah (qulah/ kulah) sama dengan 270 liter.
    2 kulah sekitar 160.5 liter (Dalam kitab Al-Fiqh Al-Muyassar)
    2 qulah sekitar 210 liter (kitab Tafsir Al-Ashr Al-Akhir)
    2 qullah sekitar 203,125 liter.
    2 qulah sama dengan 217,11 (Najmuddin Al-Kurdi.

    SUCINYA KULIT BANGKAI SETELAH DISAMAK


    (فصل) وجلود الميتة تطهر بالدباغ إلا جلد الكلب والخنزير وما تولد منهما أو من أحدهما وعظم الميتة وشعرها نجس إلا الآدمي.

    ولا يجوز استعمال أواني الذهب والفضة ويجوز استعمال غيرهما من الأواني.
    Terjemah: Kulit bangkai dapat suci dengan disamak kecuali kulit anjing dan babi dan hewan yang terlahir dari keduanya atau dari salah satunya. Adapun tulang bangkai itu najis kecuali tulang mayat manusia.

    Tidak boleh menggunakan wadah yang terbuat dari emas dan perak. Boleh menggunakan wadah yang selain dari emas dan perak.

    HUKUM SIWAK (SIKAT GIGI)


    (فصل) والسواك مستحب في كل حال إلا بعد الزوال للصائم وهو في ثلاثة مواضع أشد استحبابا: عند تغير الفم من أزم وغيره وعند القيام من النوم وعند القيام إلى الصلاة.
    Artinya: Bersiwak itu hukumnya sunnah dalam setiap keadaan kecuali setelah condongnya matahari bagi yang berpuasa. Bersiwak sangat disunnah dalam 3 tempat yaitu (a) saat terjadi perubahan bau mulut; (b) setelah bangun tidur; (c) hendak melaksanakan shalat.

    TATA CARA WUDHU


    (فصل) وفروض الوضوء ستة أشياء النية عند غسل الوجه وغسل الوجه وغسل اليدين إلى المرفقين ومسح بعض الرأس وغسل الرجلين إلى الكعبين والترتيب على ما ذكرناه.

    Artinya: Artinya: Rukun atau fardhu-nya wudhu ada 6 (enam) yaitu:
    1. Niat saat membasuh muka.[1]
    2. Membasuh muka.
    3. Membasuh kedua tangan sampai siku.
    4. Mengusap sebagian kepala.[2]
    5. Membasuh kedua kaki sampai mata kaki.
    6. Dilakukan secara tertib dari no. 1 sampai 5.

    CATATAN:

    [1] Niat wudhu adalah: نويت الوضوء لرفع الحدث الأصغر فرضا للو تعالي
    Artinya: Saya niat wudhu untuk menghilangkan hadats kecil karena Allah Ta'ala.
    [2] Beda mengusap dan membasuh adalah kalau mengusap cukup dilakukan dengan sekedar membasahi dengan sedikit air. SEdang membasuh memakai air yang dapat mengaliri seluruh anggota badan yang wajib dibasuh.


    SUNNAH-NYA WUDHU

    (فصل) وسننه عشرة أشياء التسمية وغسل الكفين قبل إدخالهما الإناء والمضمضة والاستنشاق ومسح جميع الرأس ومسح الأذنين ظاهرهما وباطنهما بماء جديد وتخليل اللحية الكثة وتخليل أصابع اليدين والرجلين وتقديم اليمنى على اليسرى والطهارة ثلاثا ثلاثا والمولاة.

    Artinya: Sunnahnya wudhu ada 10 (sepuluh): membaca bismillah, membasuh kedua telapak tangan sebelum memasukkan ke wadah air, berkumur, menghirup air ke hidup, mengusap seluruh kepala, mengusap kedua telinga luar dalam dengan air baru, menyisir jenggot tebal dengan jari, membasuh sela-sela jari tangan dan kaki, mendahulukan bagian kanan dari kiri, menyucikan masing-masing 3 (tiga) kali, bersegera.


    ISTINJAK - BERSUCI SETELAH BUANG AIR (CEBOK)

    (فصل) والاستنجاء واجب من البول والغائط والأفضل أن يستنجي بالأحجار ثم يتبعها بالماء ويجوز أن يقتصر على الماء أو على ثلاثة أحجار ينقي بهن المحل فإذا أراد الاقتصار على أحدهما فالماء أفضل.

    ويجتنب استقبال القبلة واستدبارها في الصحراء ويجتنب البول والغائط في الماء الراكد وتحت الشجرة المثمرة وفي الطريق والظل والثقب ولا يتكلم على البول ولا يستقبل الشمس والقمر ولا يستدبرهما.

    Artinya: Instinja' (Jawa, cewok) atau membersihkan diri itu wajib setelah buang air kecil (kencing) dan buang air besar (BAB). Yang utama adalah bersuci dengan memakai beberapa batu[1] kemudian dengan air. Boleh bersuci dengan air saja atau dengan 3 (tiga) buah batu yang dapat membersihkan tempat najis. Apabila hendak memakai salah satu dari dua cara, maka memakai air lebih utama.

    ETIKA KENCING DAN BUANG AIR BESAR (BAB)

    Orang yang sedang buang air besar (BAB) hendaknya tidak menghadap kiblat dan tidak membelakanginya apabila dalam tempat terbuka. Kencing atau BAB hendaknya tidak dilakukan di air yang diam, di bawah pohon yang berbuah, di jalan, di tempat bernaung, di lobang. Dan hendaknya tidak berbicara saat kencing dan tidak menghadap matahari dan bulan dan tidak membelakangi keduanya.

    PERKARA YANG MEMBATALKAN WUDHU (YANG MENGAKIBATKAN HADAS KECIL)


    (فصل) والذي ينقض الوضوء ستة أشياء ما خرج من السبيلين والنوم على غير هيئة المتمكن وزوال العقل بسكر أو مرض ولمس الرجل المرأة الأجنبية من غير حائل ومس فرج الآدمي بباطن الكف ومس حلقة دبره على الجديد.

    Artinya: Perkara yang membatalkan wudhu ada 6 (enam): sesuatu yang keluar dari dua jalan (depan belakang), tidur dalam keadaan tidak tetap, hilang akal karena mabuk atau sakit, sentuhan laki-laki pada wanita bukan mahram tanpa penghalang, menyentuh kemaluan manusia dengan telapak tangan bagian dalam, menyentuh kawasan sekitar anus (dubur) menurut qaul jadid.[1]

    [1] Qaul jadid (pendapat baru) adalah fatwa Imam Syafi'i saat berada di Mesir. Qaul qadim (pendapat lama) adalah fatwa Imam Syafi'i saat berada di Baghdad, Irak.

    PERKARA YANG MENGHARUSKAN/MEWAJIBKAN MANDI JUNUB (GHUSL)

    (فصل) والذي يوجب الغسل ستة أشياء ثلاثة تشترك فيها الرجال والنساء وهي التقاء الختانين وإنزال المني والموت وثلاثة يختص بها النساء وهي الحيض والنفاس والولادة.

    Perkara yang mewajibkan mandi junub (ghusl) ada 6 (enam) 3 (tiga) di antaranya berlaku untuk laki-laki dan perempuan yaitu (1) senggama, (2) keluar sperma, (3) mati. Tiga lainnya khusus untuk perempuan yaitu (4) haid, (5) nifas, (6) melahirkan (wiladah).

    RUKUN MANDI JUNUB(GHUSL)


    (فصل) وفرائض الغسل ثلاثة أشياء النية وإزالة النجاسة إن كانت على بدنه وإيصال الماء إلى جميع الشعر والبشرة.

    وسننه خمسة أشياء التسمية والوضوء قبله وإمرار اليد على الجسد والمولاة وتقديم اليمنى على اليسرى.

    Fardhu/rukun atau perkara yang harus dilakukan saat mandi junub ada 3 (tiga) yaitu (1) niat, (2) menghilangkan najis yang terdapat pada badan, (3) mengalirkan air ke seluruh rambut dan kulit badan.

    Hal-hal yang disunnahkan (dianjurkan untuk dilakukan) saat mandi junub ada 5 (lima) yaitu (1) Baca bismillah, (2) wudhu sebelum mandi junub, (3) mengusapkan tangan pada badan, (4) bersegera, (5) mendahulukan (anggota badan) yang kanan dari yang kiri.


    KEADAAN YANG DISUNNAHKAN MANDI JUNUB/KERAMAS (GHUSL)

    (فصل) والاغتسالات المسنونة سبعة عشر غسلا غسل الجمعة والعيدين والاستسقاء والخسوف والكسوف والغسل من غسل الميت والكافر إذا أسلم والمجنون والمغمى عليه إذا أفاقا والغسل عند الإحرام ولدخول مكة وللوقوف بعرفة وللمبيت بمزدلفة ولرمي الجمار الثلاث وللطواف.

    Mandi junub disunnahkan dilakukan dalam 17 keadaan yaitu: mandi untuk Jum'at, 2 (dua) hari raya, shalat minta hujan (istisqa'), gerhana bulan, gerhana matahari, setelah memandikan mayit, orang kafir apabila masuk Islam, orang gila dan ayan (epilepsi) apabila sembuah, saat akan ihram, akan masuk Makkah, wukuf di Arafah, mabit (menginap) di Muzdalifah, melempar Jumrah yang tiga, tawaf, sa'i, masuk kota Madinah.

MENGUSAP KHUF (KAUS KAKI)


(فصل) والمسح على الخفين جائز بثلاث شرائط أن يبتدئ لبسهما بعد كمال الطهارة وأن يكونا ساترين لمحل الفرض من القدمين وأن يكونا مما يمكن تتابع المشي عليهما ويمسح المقيم يوما وليلة والمسافر ثلاثة أيام بلياليهن وابتداء المدة من حين يحدث بعد لبس الخفين فإن مسح في الحضر ثم سافر أو مسح في السفر ثم أقام أتم مسح مقيم.

ويبطل المسح بثلاثة أشياء بخلعهما وانقضاء المدة وما يوجب الغسل.
khuf
Artinya: Mengusap khuf (kaus kaki khusus atau muzah) itu boleh dengan 3 (tiga) syarat:
(1) Memakai khuf setelah suci dari hadats kecil dan hadats besar.
(2) Khuf (kaus kaki) menutupi mata kaki .
(3) Dapat dipakai untuk berjalan.

Orang mukim dapat memakai khuf selama satu hari satu malam (24 jam). Sedangkan musafir selama 3 (tiga) hari 3 malam.

Masanya dihitung dari saat hadats (kecil) setelah memakai khuf. Apabila memakai khuf di rumah kemudian bepergian atau mengusap khuf di perjalanan kemudian mukim maka dianggap mengusap khuf untuk mukim.

Mengusap khuf batal oleh 3 (tiga) hal: (a) melapasnya, (b) habisnya masa, (c) hadats besar.

Tambahan penerjemah:
Tata cara Mengusap Khuf

1. Mengusap khuf dilakukan sebagai ganti dari membasuh kaki saat berwudhu karena itu waktu pengusapan adalah saat giliran membasuh kaki saat wudhu.
2. Caranya adalah mengusapkan air (tanpa mengalirkan) ke bagian atas khuf atau punggung kaki (kebalikan telapak kaki).
3. Bentuk khuf lihat gambar di atas.


SYARAT RUKUN DAN SUNNAH TAYAMMUM

(فصل) وشرائط التيمم خمسة أشياء: وجود العذر بسفر أو مرض، ودخول وقت الصلاة، وطلب الماء، وتعذر استعماله وإعوازه بعد الطلب، والتراب الطاهر الذي له غبار فإن خالطه جص أو رمل لم يجز.

وفرائضه أربعة أشياء: النية ومسح الوجه ومسح اليدين مع المرفقين والترتيب.

وسننه ثلاثة أشياء: التسمية وتقديم اليمنى على اليسرى والمولاة.

Syarat bolehnya tayammum ada 5 (lima): (a) adanya udzur karena perjalanan atau sakit, (b) masuk waktu shalat, (c) mencari air, (d) tidak dapat menggunakan air dan tidak ada air setelah mencari, (e) debu suci. Apabila tercampur najis atau pasir maka tidak sah.

Fardhu/rukun atau tatacara tayammum ada 4 (empat) yaitu (a) niat, (b) mengusap wajah, (c) mengusap kedua tangan sampai siku, (d) tertib (urut).

Sunnahnya tayammum ada 3 (tiga) yaitu: (a) Membaca bismillah, (b) mendahulukan yang kanan dari yang kiri, (c) bersegera.


YANG MEMBATALKAN TAYAMMUM

(فصل) والذي يبطل التيمم ثلاثة أشياء ما أبطل الوضوء ورؤية الماء في غير وقت الصلاة والردة. وصاحب الجبائر يمسح عليها ويتيمم ويصلي ولا إعادة عليه إن كان وضعها على طهر ويتيمم لكل فريضة ويصلي بتيمم واحد ما شاء من النوافل.

Yang membatalkan tayammum ada 3 (tiga) yaitu: (a) perkara yang membatalkan wudhu, (b) melihat air di selain waktu shalat, (c) murtad.

Orang yang memakai perban mengusap di atasnya, bertayammum dan shalat dan tidak perlu mengulangi shalatnya apabila saat memakai perban dalam keadaan suci.
Satu tayammum berlaku untuk satu kali shalat fardhu dan 1 shalat sunnah. Satu kali tayammum dapat dipakai beberapa kali shalat sunnah.


MACAM-MACAM NAJIS

(فصل) وكل مائع خرج من السبيلين نجس إلا المني وغسل جميع الأبوال والأرواث واجب إلا بول الصبي الذي لم يأكل الطعام فإنه يطهر برش الماء عليه ولا يعفى عن شيء من النجاسات إلا اليسير من الدم وما لا نفس له سائلة إذا وقع في الإناء ومات فيه فإنه لا ينجسه

والحيوان كله طاهر إلا الكلب والخنزير وما تولد منهما أو من أحدهما والميتة كلها نجسة إلا السمك والجراد والآدمي ويغسل الإناء من ولوغ الكلب والخنزير سبع مرات إحداهن بالتراب ويغسل من سائر النجاسات مرة تأتي عليه والثلاثة أفضل وإذا تخللت الخمرة بنفسها طهرت وإن خللت بطرح شيء فيها لم تطهر.

Setiap benda cair yang keluar dari dua jalan (anus dan kemaluan) hukumnya najis kecuali sperma.

Membasuh kencing dan kotoran (tinja) itu wajib kecuali kencing bayi laki-laki kecil yang belum memakan makananan (kecuali ASI) maka cara menyucikannya cukup dengan menyiramkan air. Perkara yang najis tidak dimaafkan kecuali sedikit seperti darah hewan yang tidak mengalir apabila jauh ke dalam bejana (wadah) dan mati maka tidak menajiskan isi bejana.

Seluruh binatang itu suci kecuali anjing dan babi dan yang lahir dari keduanya atau salah satunya. Adapun bangkai itu najis kecuali ikan, belalang dan manusia.

Bejana yang terkena jilatan anjing dan babi harus dibasuh 7 (tujuh) kali salah satunya dengan tanah. Sedang najis yang lain cukup dibasuh sekali namun 3 kali lebih baik.

Apabila khamar (arak) menjadi anggur dengan sendirinya maka ia menjadi suci. Apabila perubahan itu karena memasukkan sesuatu maka tidak suci.


HAID, NIFAS, ISTIHADAH

(فصل) ويخرج من الفرج ثلاثة دماء دم الحيض والنفاس والاستحاضة فالحيض هو الدم الخارج من فرج المرأة على سبيل الصحة من غير سبب الولادة ولونه أسود محتدم لذاع والنفاس هو الدم الخارج عقب الولادة والاستحاضة هو الدم الخارج في غير أيام الحيض والنفاس وأقل الحيض يوم وليلة وأكثره خمسة عشر يوما وغالبه ست أو سبع وأقل النفاس لحظه وأكثره ستون يوما وغالبه أربعون وأقل الطهر بين الحيضتين خمسة عشر يوما ولا حد لأكثره وأقل زمن تحيض فيه المرأة تسع سنين وأقل الحمل ستة أشهر وأكثره أربع سنين وأقل الحمل ستة أشهر وأكثرها أربع سنين وغالبه تسعة أشهر.

ويحرم بالحيض والنفاس ثمانية أشياء الصلاة والصوم وقراءة القرآن ومس المصحف وحمله ودخول المسجد والطواف والوطء والاستمتاع بما بين السرة والركبة. ويحرم على الجنب خمسة أشياء الصلاة وقراءة القرآن ومس المصحف وحمله والطواف واللبث في المسجد. ويحرم على المحدث ثلاثة أشياء الصلاة والطواف ومس المصحف وحمله.

Ada 3 macam darah yang keluar dari kemaluan wanita: (a) darah haid, (b) darah nifas, (c) darah istihadlah.

Darah haid adalah darah yang keluar dari kemaluan perempuan dengan cara sehat bukan karena melahirkan. Dan warnanya kehitam-hitaman, terasa panas dan diikuti mual-mual pada perut.

Nifas adalah darah yang keluar setelah melahirkan.
Istihadlah adalah darah yang keluar di selain hari-hari haid dan nifas.

Paling sedikitnya darah haid adalah satu hari satu malam. Dan yang paling banyak adalah 15 hari. Umumnya 6 (enam) atau 7 (tujuh) hari.

Paling sedikitnya nifas adalah sebentar dan paling banyak 60 hari dan umumnya 40 hari.

Paling sedikitnya masa suci di antara dua masa haid adalah 15 hari. Dan tidak ada batas untuk paling banyaknya.

Usia minimal wanita haid adalah 9 (sembilan) tahun. Paling sedikitnya usia kehamilan 6 bulan. Paling panjang kehamilan 4 tahun. Umumnya masa hamil adalah 9 bulan.


YANG DIHARAMKAN SAAT HAID DAN NIFAS

Perkara yang diharamkan saat haid dan nifas ada 8 (delapan) yaitu shalat, puasa, membaca Al-Quran, menyentuh Al-Quran, membawa Al-Quran, masuk masjid, tawaf, hubungan intim (jimak), (suami) mencumbu di antara pusar dan lutut.


YANG DIHARAMKAN SAAT JUNUB (HADATS BESAR)

Perkara yang diharamkan bagi orang junub ada 5 (lima) yaitu shalat, membaca Al-Quran, menyentuh Al-Quran, membawa Al-Quran, tawaf, tinggal di masjid.


YANG DIHARAMKAN SAAT HADATS KECIL

Perkara yang diharamkan saat hadats kecil ada 3 (tiga) yaitu shalat, tawaf, menyentuh Al-Quran dan membawanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kitab Mar'atus sholihah

  Cari Keripik pisang klik disini MAR'ATUS SHOLIHAH           الدنيا متاع وخيرمتاعهاالمرأةالصالحة (رواه مسلم) Dunia itu perhiasan,dan sebaik-baiknya perhiasan adalah wanita yang baik budi pekertinya (HR.Muslim) PANDANGAN UMUM ·        Wanita adalah Tiangnya Negara,maka apabila wanita itu berperilaku baik maka Negara itu akan menjadi baik,begitu pula sebaliknya,apabila wanita itu berperilaku buruk maka Negara itu akan menjadi buruk ·        Wanita yang Sholihah/baik harus selalu konsisten mencari ilmu,karena dengan ilmu kita akan di hormati oleh masyarakat dan selamat di dunia dan akhirat,terlebih ilmu agama dan yang berhubungan dengan wanita ·        Wanita yang baik,wajib (Fardlu 'ain) mempunyai jiwa tauhid dan iman yang kuat supaya tidak gampang terpengaruh,ibarat bangunan,tauhid merupakan pandemen/pondasinya, maka apabila pondasinya kuat bangunan itu tidak akan mudah roboh ·        Wanita sholihah harus mempunyai Akhlak/budi pekrti yang baik,baik itu kepada orang tua,suami,g

Aan Merdeka Permana

Cari Keripik pisang klik disini Aan Merdeka Permana merupakan pemenang penghargaan Samsoedi pada tahun 2011 dari Yayasan Kabudayaan Rancage, untuk novel sejarahnya Sasakala Bojongsoang. Seorang jurnalis yang lahir di Bandung 1950, telah bekerja sebagai editor untuk Manglé, Sipatahunan, dan Galura. Selain menulis untuk keperluan jurnalistik beliau juga menulis cerpen dan puisi.  Buku-bukunanya yang pernah terbit kebanyakan bacaan anak dalam bahasa Sunda Kedok Tangkorék (1986), Jalma nu Ngarudag Cinta (1986), Andar-andar Stasion Banjar (1986), Muru Tanah Harepan (1987), Nyaba ka Leuweung Sancang (1990), Tanah Angar di Sebambam (1987), Paul di Pananjung, Paul di Batukaras (1996), Si Bedegong (1999), Silalatu Gunung Salak (6 épisode, 1999).

Mengenal Larry Tesler, pahlawan penemu fitur "copy-paste"

Larry Tesler, penemu konsep cut, copy, paste pada komputer meninggal dunia di usia 74 tahun pada Senin (17/2). Namun, penyebab kematian belum diungkap sampai hari ini. Tesler lahir di New York, Amerika Serikat pada 24 April 1945. Ia merupakan lulusan Ilmu Komputer Universitas Standford. Tahun 1973 Tesler bergabung dengan Pusat Penelitian Alto Xerox (PARC), di mana dia mengembangkan konsep cut-copy-paste. Konsep ini difungsikan untuk mengedit teks pada sistem operasi komputer seperti dilansir The Verge. Tujuh tahun kemudian, pendiri Apple Inc yakni Steve Jobs mengunjungi kantor PARC dan Tesler ditunjuk menjadi pemandu. Lihat juga:Fernando 'Corby' Corbato, Penemu Password Komputer Meninggal "Jobs sangat bersemangat dan mondar-mandir di sekitar ruangan. Saya ingat betul perkataan Jobs saat melihat produk besutan PARC, 'kamu sedang duduk di tambang emas, kenapa kami tidak melakukan sesuatu dengan teknologi ini? Kamu bisa mengubah dunia,'" kata Tesler sa