Nasab
beliau bersandar pada silsilah dzahabiyyah, bersambung dari ayah ke
kakek, sampai akhirnya bertemu dengan kakek beliau yang termulia
Rasulullah SAW. Adapun perinciannya, beliau adalah: Al-Habib
Al-Allamah Zain bin Abdullah bin Alwi bin Umar bin Ahmad bin Abdullah
bin Muhammad bin Abdullah bin Ali bin Abdullah bin Ahmad
Ash-Shalaibiyyah bin Husin bin Abdullah bin Syaikh bin Abdullah
Al-Aidrus bin Abu Bakar As-Sakran bin Abdur Rahman As-Saggaf bin
Muhammad Maulad Dawilah bin Ali Shahib Ad-Dark bin Alwi bin Al-Faqih
Al-Muqaddam Muhammad bin Ali bin Muhammad Shahib Mirbath bin Ali Khali'
Qasam bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin Ubaidillah bin Al-Imam
Al-Muhajir Ahmad bin Isa bin Ali Al-'Uradhy bin Ja'far Ash-Shadiq bin
Muhammad Al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Husin, putri Sayyidah
Fatimah binti Rasulullah SAW. Kelahiran dan masa kecil beliau Beliau
dilahirkan di daerah As-Suweiry (dekat kota Tarim), Hadramaut, pada
tahun 1289 H. Ayah beliau Al-Habib Abdullah, berasal dari kota Tarim,
dan kemudian berhijrah ke kota As-Suweiry dengan beberapa teman beliau
atas perintah Al-Imam Al-Habib Thahir bin Husin Bin Thahir Ba'alawy
untuk mengawasi gencatan senjata antar kabilah yang terjadi di kota
tersebut. Beliau Al-Habib Zain tumbuh dalam
suatu keluarga yang penuh keutamaan, ilmu dan akhlak, mencontoh keluarga
datuk beliau Rasulullah SAW. Al-Habib Abdullah, ayah beliau,
mencurahkan perhatian yang lebih kepada beliau diantara
saudara-saudaranya, karena selain beliau adalah anak yang terakhir, juga
beliau adalah anak yang berperilaku yang mulia dan berhati bersih. Dan
sungguh Al-Habib Abdullah melihat dengan firasat tajamnya bahwa putra
beliau yang satu ini akan menjadi seorang yang mempunyai hal (keadaan)
yang tinggi di suatu masa mendatang. Beliau
Al-Habib Zain tumbuh dewasa dan dicintai oleh keluarganya dan masyarakat
As-Suweiry. Beliau habiskan masa kecil beliau dengan penuh kezuhudan
dan ibadah. Beliau semenjak kecilnya gemar sekali menjaga kewajiban
shalat dan menunaikan shalat-shalat sunnah. Suatu kegemaran yang jarang
sekali dipunyai oleh anak-anak sebaya beliau. Perjalanan hijrah beliau Pada
tahun 1301 H, beliau melakukan perjalanan hijrah ke Indonesia, disertai
saudara-saudaranya Alwi, Ahmad dan Ali. Pada saat itu beliau masih
berusia 12 tahun. Di Indonesia beliau bertemu dengan pamannya Al-Allamah
Al-Habib Muhammad bin Alwi Al-Aidrus yang sudah terlebih dahulu menetap
disana. Masa belajar beliau Sebelum
beliau berhijrah ke Indonesia, beliau banyak mengambil ilmu dari
keluarganya, dan juga dari para ulama di tempat asalnya Hadramaut, yang
memang terkenal pada saat itu dengan negeri yang penuh dengan
ulama-ulama besar. Dari daerah tersebut, beliau banyak mengambil
berbagai macam ilmu-ilmu agama. Setelah berada
di Indonesia, beliau menuntut ilmu kepada pamannya Al-Habib Muhammad.
Setelah dirasakan cukup, beliau Al-Habib Zain dikirim oleh pamannya
untuk menuntut ilmu kepada salah seorang mufti terkenal di Indonesia
saat itu, yaitu Al-Habib Al-Faqih Al-Allamah Utsman bin Abdullah Bin
Yahya. Guru beliau Al-Habib Utsman Bin Yahya merupakan salah seorang
tokoh agama yang cukup mumpuni di bidang fiqih dan ilmu-ilmu keislaman
saat itu. Banyak diantara para murid Al-Habib Utsman yang menjadi
ulama-ulama besar, seperti Al-Habib Ali bin Abdur Rahman Alhabsyi,
Kwitang. Hiduplah beliau Al-Habib Zain dibawa
didikan gurunya Al-Habib Utsman Bin Yahya. Sebagaimana masa kecilnya,
semangat beliau seakan tak pupus untuk belajar dengan giat dan tekun.
Banyak ilmu yang diambil beliau dari gurunya, diantaranya adalah
ilmu-ilmu bahasa Arab, Fiqih, Fara'idh (ilmu waris), Ushul, Falak, dan
sebagainya. Beliau mengambil dari gurunya ilmu dan amal dan beliau
banyak mendapatkan ijazah dari gurunya tersebut. Masa dakwah beliau Pada
tahun 1322 H, berdirilah sebuah sekolah agama di kota Jakarta yang
dinamakan Jamiat Khair. Beberapa pengurus dari sekolah itu kemudian
datang kepada beliau untuk memintanya mengajar disana. Akhirnya
mengajarlah beliau disana dengan kesungguhan, tanpa lelah dan bosan.
Pada saat itu beliau merupakan salah seorang staf pengajar kurun waktu
pertama sekolah Jamiat Khair, suatu sekolah yang banyak menghasilkan
tokoh-tokoh agama dan pergerakan. Selang
beberapa tahun kemudian, beliau mendirikan sebuah sekolah kecil di jalan
Gajah Mada, Jakarta. Keberadaan sekolah itu disambut dengan gembira
oleh masyarakat, yang sangat butuh akan ilmu-ilmu agama. Akan tetapi
sayangnya, tak selang berapa lama, dengan kedatangan Jepang, sekolah
tersebut ditutup oleh penjajah Jepang. Beberapa
tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1326 H, beliau mendirikan majlis
taklim di Masjid Al-Mubarak, Krukut, Jakarta. Majlis taklim tersebut
diadakan siang dan malam, dan banyak dihadiri pria dan wanita.
Sepeninggal pamannya Al-Habib Muhammad, beliaulah yang menjadi
khalifah-nya. Termasuk juga beliau menjadi imam di Masjid tersebut,
menggantikan posisi pamannya. Di masjid itu, beliau mengajarkan
ilmu-ilmu agama, diantaranya ilmu Tafsir, Fiqih, Akidah yang lurus, dan
ilmu-ilmu lainnya, dengan cara yang mudah dan sederhana. Begitulah
seterusnya beliau menjalankan aktivitasnya dalam berdakwah, tanpa lelah
dan bosan, selama 70 tahun. Suluk beliau Sebagaimana
thariqah yang dipegang oleh para Datuk beliau, beliau bermadzhabkan
kepada Al-Imam Asy-Sy-Syafi'i dan bersandarkan pada aqidah Asy'ariyyah,
salah satu aqidah didalam Ahlus Sunnah wal Jamaah. Itulah yang beliau
bawa sebagai pegangan hidup, meneruskan dari apa-apa yang telah
digariskan oleh datuk-datuk beliau para Salaf Bani Alawy. Sifat-sifat mulia beliau Sedangkan
mengenai sifat-sifat beliau, beliau adalah seorang memiliki khasyah
(rasa takut) kepada Allah, zuhud terhadap dunia, qana'ah dalam menerima
sesuatu, banyak membaca Al-Qur'an dan dzikir. Sebagaimana di masa
kecilnya, beliau selalu tekun melakukan shalat di Masjid Al-Mubarak dan
disana beliau selalu bertindak sebagai imam. Salah satu kebiasaan yang
sering beliau lakukan adalah beliau tidak keluar dari masjid setelah
menunaikan shalat Subuh, kecuali setelah datangnya waktu isyraq
(terbitnya matahari). Begitu juga dengan shalat-shalat sunnah yang
selalu beliau kerjakan. Hal ini berlangsung terus meskipun beliau sudah
memasuki masa tuanya. Wafat beliau Di
akhir hayatnya, majlis beliau adalah sebuah majlis ilmu yang penuh
dengan kedamaian dan ketenangan, majlis yang penuh akhlak dan adab,
majlis yang penuh anwar dan asrar, taman ilmu dan hikmah, penuh dengan
dzikir dan doa. Sampai akhirnya beliau dipanggil oleh Allah SWT untuk
menghadap-Nya, dalam usianya 110 tahun. Beliau wafat pada hari Sabtu,
tanggal 24 Rabi'ul Tsani 1399 H (24 Maret 1979 M), sekitar pukul 3 sore.
Jasad beliau disemayamkan di pekuburan Condet (depan Al-Hawi), Jakarta. Derai
tangis mengiringi kepergian beliau menuju Hadratillah. Al-Habib Husin
bin Abdur Rahman Assegaf melantunkan syair perpisahan dengan beliau,
yang diantara baitnya berbunyi:
Radhiyallahu anhu wa ardhah... Referensi 1. Jauharah An-Nufus As-Sayyid Al-Allamah Zain bin Abdullah Ash-Shalaibiyyah Al-Aidrus, As-Sayid Hasan bin Husin Assaggaf. 2. Tahqiq Syams Adh-Dhahirah, Al-Habib Muhammad Dhia Bin Syahab, juz. 2. 3. Harian Pos Kota, Senin, 26 Maret 1979. 4. Harian Sinar Harapan, Senin, 26 Maret 1979. |
Cari Keripik pisang klik disini MAR'ATUS SHOLIHAH الدنيا متاع وخيرمتاعهاالمرأةالصالحة (رواه مسلم) Dunia itu perhiasan,dan sebaik-baiknya perhiasan adalah wanita yang baik budi pekertinya (HR.Muslim) PANDANGAN UMUM · Wanita adalah Tiangnya Negara,maka apabila wanita itu berperilaku baik maka Negara itu akan menjadi baik,begitu pula sebaliknya,apabila wanita itu berperilaku buruk maka Negara itu akan menjadi buruk · Wanita yang Sholihah/baik harus selalu konsisten mencari ilmu,karena dengan ilmu kita akan di hormati oleh masyarakat dan selamat di dunia dan akhirat,terlebih ilmu agama dan yang berhubungan dengan wanita · Wanita yang baik,wajib (Fardlu 'ain) mempunyai jiwa tauhid dan iman yang kuat supaya tidak gampang terpengaruh,ibarat bangunan,tauhid merupakan pandemen/pondasinya, maka apabila pondasinya kuat bangunan...
Komentar
Posting Komentar